Nuansa Baru Windows 8.1

Posted by Unknown Monday, September 2, 2013 0 komentar
Dewasa ini, seiring dengan perkembangan teknologi & arus globalisasasi, Gadget seolah-olah telah merambah menjadi sarana seseorang dalam menyalurkan hajat & hasratnya akan teknologi & informasi. Tidak terkecuali pada Gadget berbasis PC, Netbook, maupun Notebook yang tidak lepas dari eksistensi sistem operasi ( Mac, Linux, Windows, dsb) dalam pengoperasiannya

Apa itu Sistem Operasi? Sistem operasi ini merupakan seperangkat program yang mengelola hardware dan pengaplikasian perangkat lunak. Selain tersebut, Tanpa eksistensi sistem operasi ini, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi, kecuali program aplikasi booting.
Seiring dengan berjalannya waktu, sistem operasi ini mulai berkembang dari generasi awal hingga kini. Salah satunya ialah Windows. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan sistem antarmuka pengguna grafis ini telah banyak berperan dalam pekembangan sistem operasi yang hingga kini telah merilis Produk terbarunya, Windows 8.1.

Sekedar menambahkan, Windows 8.1 ini merupakan jawaban atas berbagai keluhan terkait OS generasi pendahulunya, Windows 8. Dalam OS ini, terdapat pula perbaikan-perbaikan minor dari OS pendahulunya. Pada mulanya, Microsoft telah merilis versi preview-nya pada awal juli 2013 lalu, sebagai uji coba bagi para user dalam memberikan inovasi-inovasi yang masih diperlukan dalam versi final nantinya



Pada Rabu (28/8/2013) lalu, Microsoft mengumumkan bahwa Windows 8.1 dan Windows RT 8.1 telah dirilis ke manufaktur RTM (Release to Manufacture) pada 18 Oktober mendatang dan sekarang sedang dikirim ke mitra OEM. Di sisi lain, Microsoft juga menegaskan bahwa tidak akan ada akses awal (Download) untuk Windows 8.1 RTM oleh pelanggan MSDN, TechNet dan maupun pelanggan Volume Lisensi (VL). 



Berikut ini, beberapa perubahan dan penambahan fitur dalam Windows 8.1

Tombol Start "Kembali"

Sebelum Windows 8 dirilis pada pertengahan 2012 lalu, para user dengan mudah membuka aplikasi,dll hanya dengan sebuah tombol, yaitu Start. Maka, Wajar saya apabila pengguna lama Windows kesulitan tanpa adanya start button ini. Seusai banyak menerima komplain terkait problema ini, Microsoft akhirnya mengembalikan tombol "Start" tersebut ke Windows 8.1 yang fungsinya sedikit berbeda dibandingkan dengan OS generasi sebelumnya. Tombol "baru" ini sebenarnya hanya menampilkan Start Screen ala Metro ketika diklik oleh penggunanya.

Nuansa Lock Screen yang lebih keren & menarik

Layar Lock dalam OS ini tidak tampil monoton melainkan tampil lebih interaktif dari Windows 8. User dengan mudah dapat memasang slideshow foto, menerima panggilan Skype, serta mengakses kamera langsung dari layar tersebut.

Kemudahan dalam Kustomisasi

Microsoft mengizinkan lebih banyak kustomisasi bagi para pengguna. Salah satu contoh kustomisasi tersebut ialah pengguna kini dapat menyamakan wallpaper tampilan desktop dan tampilan Metro. Fitur ini membuat user-nya tidak akan kebingungan apabila ingin berpindah dari mode desktop ke Start Screen, dan masih banyak kustomisasi lainnya.

Perubahan fitur Search (Pencarian)

Fitur
pencarian di Windows 8.1 hadir lebih menarik. Sistem akan mencari semua hal yang berkaitan dengan kata-kata yang ingin dicari oleh pengguna. Sistem melakukan pencarian dari hard drive yang ada di PC dan situs. Contohnya, apabila pengguna mengetik kata "Truth Of Moral Blog", maka sistem akan mencari file yang berkaitan dengan kata tersebut di PC dan juga internet.

Kemampuan Windows 8.1 menjalankan empat aplikasi bersamaan

Multitasking merupakan fitur yang sudah ada di OS ini sejak dulu. Dalam Windows 8.1 ini, Microsoft lebih meningkatkan kemampuan dari Multitasking ini. Pengguna dapat menjalankan empat aplikasi sekaligus dalam sebuah layar terpisah.

Aplikasi di "update" secara otomatis

Aplikasi yang diunduh dari toko aplikasi Microsoft (Store) akan langsung diperbarui & diupdate apabila pihak pengembang telah merilis versi barunya.

"Boot" langsung ke tampilan "desktop" klasik

Dalam Windows 8, saat PC boot-up, user akan langsung dibawa ke tampilan Metro. Namun, di OS baru ini, pengguna bisa mengatur, pada saat boot-up, sistem membawa mereka langsung ke tampilan desktop.

Caranya pun relatif mudah. Di tampilan desktop, cukup klik kanan di taskbar, kemudian pilih cheklist "Go to the desktop instead of Start when I sign in"

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Nuansa Baru Windows 8.1
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://faqih2blogs.blogspot.com/2013/09/nuansa-baru-windows-81.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Dalam berkomentar, harap gunakan bahasa yang santun & tidak menyudutkan. Komentar yang berbau SARA tidak akan dimunculkan. Saya selaku pengurus blog sederhana ini, hakikatnya juga tiada luput dari segala kekurangan dan keterbatasan. Untuk itu saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan di dalam saya berbagi di blog sederhana ini. Terimakasih atas kunjungan dan partisipasi Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of Truth Of Moral Blog.